Kata Natal mungkin tidak asing lagi di telinga orang Indonesia, baik yang Nasrani maupun non-Nasrani. Nah, bagi yang beragama Kristen, mereka merayakan Natal pada tanggal 25 Desember tiap tahun.

Perayaan Natal di Indonesia selalu meriah karena bertepatan dengan hari libur panjang, apalagi dirangkaikan dengan perayaan Tahun Baru Masehi yang bertepatan dengan tanggal 1 Januari tiap tahun.

Asal Usul dan Sejarah Natal

Kata Natal berasal dari bahasa Latin yaitu "Natalis" atau lebih lengkapnya "Dies Natalis" yang memiliki arti Hari Lahir. Biasa kita dengar kata Dies Natalis untuk merayakan hari lahirnya sesuatu bukan?

Asal Usul Natal dan Sejarahnya
Asal Usul Natal dan Sejarahnya


Jaman dulu pada Kekaisaran Romawi, para umat Kristiani memanfaatkan hal tersebut untuk memperingati kelahiran Dewa Surya, lebih lengkapnya "Dies Natalis Solis Invicti", atau "Hari Kelahiran Matahari yang Tak Terkalahkan".

Lebih dalam lagi pada abad ke-3 Kaisar Romawi merayakannya pada tanggal 25 Desember untuk menghormati dirinya sebagai "Tuhan". Sampai sekarang pun Dies Natalis Yesus Kristus dianggap sebagai Matahari Kebenaran Terang Dunia yang sebenarnya, Raja Alam Semesta, Tuhan yang sanggup turun dari takhta-Nya.

Itu tadi dalam Bahasa Latin, tapi dalam Bahasa Inggris berbeda. Kata Christmas (Hari Natal) dimaknai berasal dari kata Cristes maesse, dalam Bahasa Inggris yakni Mass of Christ artinya Misa Kristus. Kamu pasti kadang-kadang melihat kata Christmas disingkat menjadi Xmas.

Sekarang ini, umat Kristiani memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Walaupun tidak ada yang tahu kapan tepatnya Yesus Kristus lahir, namun kebanyakan mereka menganggap 25 Desember adalah hari kelahiran Yesus maka dianggaplah sebagai Hari Natal.

Tanggal 25 Desember untuk merayakan Hari Natal baru dimulai pada tahun 221 oleh Sextus Julius Africanus, dan baru dikenal dan dirayakan oleh kebanyakan umat Kristiani pada abad ke-5.

Itulah sejarah singkat perayaan Natal yang dilakukan oleh kebanyakan orang di dunia saat ini. Kalau kamu punya tambahan, langsung saja tulis di kolom komentar.

Post a Comment

Mari berdiskusi dengan sopan di situs Milisinian

Lebih baru Lebih lama